Langsung ke konten utama

Lanjutan, Tuhan Kaum Mistik

Lanjutan, Tuhan Kaum Mistik
      Tuhan yang bersifat personal dapat menimbulkan masalah besar. Dia bisa menjadi sekedar berhala yang terkurung dalam citra kita sendiri, proyeksi dari kebutuhan, ketakutan, dan keinginan kita yang terbatas. kita bisa mengasumsikan bahwa dia menyukai apa yang kita sukai dan membenci apa yang kita benci, memperkuat prasangka kita daripada mendorong kita untuk melepaskannya. Ketika dia sepertinya gagal mencegah bencana atau malah seolah menghendaki terjadinya suatu tragedi, dia bisa tampak tega dan kejam. Keyakinan lugu bahwa musibah merupakan kehendak tuhan dapat membuat kita menerima hal-hal yang secara mendasar sebenarnya tidak bisa diterima. Implikasinya nyata bahwa, jika dipandang secara personal berarti tuhan memiliki gender, juga bersifat membatasi: artinya seksualitas setengah ras manusia menjadi skral atas pengurbanan setengah ras lain yang wanita dan dapat membawa pada ketidakseimbangan neurotic dan tak layak dalam moralitas seksual manusia. Oleh karena itu, tuhan yang personal bisa menjadi berbahaya. Alih-alih mengilhami kasih saying yang menjadi cirri semua agama yang maju, “dia” malah mendorong kita untuk menghakimi, mengutuk, dan menyingkirkan. Oleh karena itu, tampaknya sebuah tahapan dalam perkembangan agama kita. Semua agama dunia tampaknya telah menyadari bahaya semacam ini dan berupaya meninggalkan konsepsi personal tentang realitas tertinggi.

     Kitab suci yahudi mungkin dapat dibaca sebagai kisah tentang perbaikan dan, kemudian, penghapuas citra kesukuan ddan personal dari Yahweh yang menjadi YHWH. Kristen, yang adapat dikatakan sebagai agama dengan kadar personalisai paling tinggi di antara etiga agama monotesitik, berupaya untuk meningkatkan keyakan kultus terhadap tuhan yang berinkrasnasi dengan cara memasukkan doktrin tentang trinitas yang transpersonal. Kaum muslimi telah sejak awal menghadapi persoalan menyangkut sejumlah ayat Al-Quran yang mengimpilkasikan bahwa tuhan ” melihat”, “mendengar”, dan “mengadili” seperti halnya manusia. Ketiga agama monoteistik ini telah mengembangkan suatu tradisi mistik yang membuat tuhan mereka melampaui kategori personal dan menjadi lebih mirip dengan realitas impersonal nirvana dan Brahman-atman. Hanya sedikit orang yang betul-betul mampu mencapai mistisme sejati, tetapi di dalam ketiga keimanan itu(dengan pengecualian Kristen barat), tuhan yang dialami oleh kaum mistiklah yang akhirnya menjadi lazim diterima di kalanagan penganutnya, hingga relati belakangan ini.

    Monoteisme historis pada dasarnya tidak bersifat mistikal. Kita telah meninajau perbedaan antara pengalaman antara pengalaman kontemplatif yang dialami budha dan pengalaman para nabi. Yudaisme, Kristen, dan islam pad dasarnya merupakan kepercayaan yang bersifat aktif, mngabadikan diri untuk memastikan bahwa kehendak tuhan ditegakkan di bumi sebagai mana halnya di langit. Motif utama dari agama-agama profetik ini adalah penghadapan atau penemuan pribadi antara tuhan dan manusia. Tuhan ini dialami sebagai pendorong tindakan: dia menyeru kita untuk menuju dirinya: member kita pilihan untuk menolak ataumenerima cinta dan
perhatiannya.

     Tuhan seperti ini berhubungan dengan manusia. Tuhan ini seperti berhubungan dengan masnusia lebih melalui dialog daripada perenungan yang hening. Dia menyampaikan firman, yang menjadi focus utama pribadatan dan mewujud dalam konsisi kehidupan di bumi yang tragis dan tak sempurna. Di dalam Kristen, hubungan dengan tuhan dicirikan oleh cinta. Akan tetapi, cinta berarti bahwa ego telah, dalam pengertian tertentu, dilenyapkan. Dalam dialaog maupun cinta, egosime selalu mungkin muncul. Bahasa apapun bisa menjadi penghalang karena memenjarakan kita dalam konsep-konsep pengalaman duniawi kita.

Sumber Buku: Sejarah Tuhan, Karen Armstrong, penerbit: Mizan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan PraKolonial

Di era sekarang ini banyak sekali anak muda yang kurang wawasan, kurang pengetahuan, sebenarnya mereka tau apa sih, ketika di tanya pendidikan prakolonial itu apa sih? Si Racap aja gak tau hadehhh, biar kita banyak tau mari kita membaca artikel yang satu ini, ingat ya makin banyak tau makin banyak deh wawasannya... Pengertian Pendidikan Prakolonial    Pendidikan Prakolonial di mengerti sebagai sebuah penyelenggaraan pendidikan yang di batasi oleh ruang waktu tertentu. Pembatasan ruang mengacu pada batas-batas politik yang terdapat di geografis tertentu sedangkan batasan waktu mengacu pada sebuah masa ketika praktik penjajahan belum dimulai. Geografis itu merujuk pada wilayah Nusantara sedangkan masa yang di maksud mengacu pada abad ke -17, yakni sebelum jan Peterson Coen melemparkan jangkar di pantai sunda kelapa.    Pada abad ini akan dibahas tentang semangat pendisikan pada masa pra-kolonial dan sisa-sisanya pada masa sekarang. Masyarakat prakolonial memiliki model pemerinntahan

Mahzab Fenomenologi Max Weber

Fenomenologi       Fenomenologi adalah satu aliran filsafat modern yang sangat berpengaruh. Salah satu tokoh utamanya adalah Edmund Husserl (1859-1935) dari Jerman. Pada prinsipnya metode fenomenologi yang dibangun oleh Husserl ingin mencapai “hakikat segala sesuatu”. Maksudnya agar mencapai “pengertian yang sebenarnya” atau “hal yang sebenarnya” yang menerobos semua gejala yang tampak. Usaha untuk mencapai hakikat segala sesuatu adalah reduksi atau penyaringan. Husserl mengemukakan tiga macam reduksi berikut ini :    1. Reduksi fenomenologis, kita harus menyaring pengalaman-pengalaman kita, dengan maksud supaya mendapatkan fenomena dalam wujud yang semurni-murninya 2. Reduksi eidetis, penyaringan atau penetapan dalam tanda kurung segala hal yang bukan eidus atau inti sari atau hakekat gejala atau fenomena. Jadi hasil reduksi kedua ialah “penilikan hakikat”. Inilah pengertian yang sejati.    3. Reduksi transendental, yang harus ditempatkan diantara tanda kurung dahulu ialah eksiste

Perbedaan Filsafat Barat dan Timur

Perbedaan Antara Filsafat Barat dan Filsafat Timur  I. Filsafat Barat 1. Filsafat Barat adalah ilmu yang biasa dipelajari secara akademis di universitas-universitas di Eropa dan daerah-daerah jajahan mereka. 2. Filsafat berkembang dari tradisi falsafi orang Yunani kuno. 3. Tokoh utama filsafat Barat  antara lain Plato, Thomas Aquinas, Réne Descartes, Immanuel Kant, Georg Hegel, Arthur Schopenhauer, Karl Heinrich Marx, Friedrich Nietzsche, dan Jean-Paul Sartre. 4. Terdapat pembidangan dalam filsafat yang menyangkut tema tertentu. a. Ontologi membahas tentang masalah "keberadaan" (eksistensi) sesuatu yang dapat dilihat dan dibedakan secara empiris, misalnya tentang keberadaan alam semesta, makhluk hidup, atau tata surya. b. Epistemologi mengkaji tentang pengetahuan (episteme secara harafiah berarti “pengetahuan”). Epistemologi membahas berbagai hal tentang pengetahuan seperti batas, sumber, serta kebenaran suatu pengetahuan. Dari epistemologi inilah lahir berba