Langsung ke konten utama

Gagasan & Pembaruan

Gagasan pembaruan adalah ide dasar dalam gerakan civil society. Ia yang menginspirasi, ia pula yang menjadi ukuran eksis tidaknya gerakan tersebut di kemudian hari. Sebagai sumber potensi lahirnya gerakan civil society dalam kehidupan publik, dunia pendidikan mestilah merupakan ruang yang harus menjadi prioritas utamanya. Bahwa tak ada bangsa yang berperadaban tanpa orang-orang terdidik; tak ada masyarakat terdidik tanpa semaian gagasan pembaruan; begitupun tak ada gagasan pembaruan tanpa gerakan civil society; dan selanjutnya tak ada gerakan rill semacam ini tanpa peran serta dunia pendidikan.
Dunia pendidikan tidaklah melulu berupa sekolah-sekolah formal saja, misalnya lembaga-lembaga pendidikan tinggi seperti yang hari ini menjamur di kota pendidikan Yogyakarta. Tetapi dunia pendidikan, menurut istilah yang sudah lama kita kenal, adalah “universitas kehidupan” di mana di dalamnya bernaung beragam macam kelompok pembaru, baik berupa komunitas diskusi, lembaga swadaya kultural, maupun ruang-ruang kepustakaan. Adalah niscaya mengapa kita harus menggagas aspek pembaruan dalam Majalah Nusantara edisi kali ini (Juli – Agustus 2016). Di samping mengingat pentingnya gagasan pembaruan bagi setiap lini kehidupan masyarakat yang ada, baik di wilayah ekonomi, politik, terutama sosial, budaya dan keagamaan, gagasan ini juga penting sebagai sebentuk respon atas maraknya tindak-tindak yang semestinya tak bersua dalam kehidupan bermasyarakat kita. Ya, hingga kini, konflik internal bangsa kita masih sangat membumi. Realitas yang demikian terus dan bisa terjadi kapan dan di mana saja. Mulai dari praktik kekerasan dalam rumah tangga, tawuran antar-pelajar di sekolah-sekolah, cekcok kepentingan elit politik, sampai pada kekerasan yang melibat-sertakan kaum agamawan, seperti konflik Syiah-Sunni, kasus Ahmadiyah, sampai kepada kasus-kasus yang menimpa kelompok marginal dan minoritas lainnya, seperti anak-anak dan perempuan, dan kaum LGBT.
Tentu, konflik internal tersebut tak sekadar berujung pada praktik kekerasan secara fisik saja, ataupun secara struktural. Tetapi yang terparah adalah bahwa konflik tersebut juga membumi secara kultural. Yang terakhir inilah yang harus patut mendapat perhatian lebih besar. Karena memang, kekerasan secara kultural adalah sebab yang memicu lahirnya konflik-konflik yang melibatkan fisik, sekaligus memungkinkan runtuhnya konsep integrasi berbangsa kita sendiri.
Sebagai salah satu media yang juga perannya sangat dibutuhkan dalam pengentasan persoalan krusial tersebut di atas, terutama soal-soal yang dapat menghambat cita-cita persatuan seperti kekerasan, Majalah Nusantara tak segan mengangkat satu tema yang dianggap bisa dijadikan solusi. Kami beranggapan bahwa gagasan tentang pembaruan, dalam hal ini pembaruan di wilayah pemikian (keagamaan), menjadi hal yang sangat urgent untuk kami tilik secara utama. Sebab kita tak bisa pungkiri bahwa konflik internal yang terjadi bukan karena banyaknya orang-orang jahat, melainkan juga banalnya (dangkalnya) konsep bermasyarakat kita sendiri dalam memaknai perbedaan (multikulturalitas) yang ada.
Dalam menggagas ide pembaruan pemikiran ini, penting untuk kami kedepankan apa makna dari keberagaman bangsa Indonesia. Di samping itu, tujuan keberadaannya bagi keberadaan bangsa Indonesia sendiri juga menjadi perhatian besar dalam keseluruhan isi Majalah Nusantara edisi kali ini. Tak terkecuali kami juga menyasar tentang bagaimana upaya perealisasian tujuan tersebut dalam konteks keberagaman. Semoga dengan hadirnya beragam rubrik yang secara umum menekankan tema di setiap bahasannya ini, menjadi inspirasi kita bersama dalam membentuk gerakan-gerakan civil society. Janganlah berpikir untuk peng-eksistensi-annya hingga di kemudian hari. Tapi mulailah hari ini sebab ia adalah cermin lahirnya masa depan yang kita dambakan.
Selamat berpikir dan bergerak!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan PraKolonial

Di era sekarang ini banyak sekali anak muda yang kurang wawasan, kurang pengetahuan, sebenarnya mereka tau apa sih, ketika di tanya pendidikan prakolonial itu apa sih? Si Racap aja gak tau hadehhh, biar kita banyak tau mari kita membaca artikel yang satu ini, ingat ya makin banyak tau makin banyak deh wawasannya... Pengertian Pendidikan Prakolonial    Pendidikan Prakolonial di mengerti sebagai sebuah penyelenggaraan pendidikan yang di batasi oleh ruang waktu tertentu. Pembatasan ruang mengacu pada batas-batas politik yang terdapat di geografis tertentu sedangkan batasan waktu mengacu pada sebuah masa ketika praktik penjajahan belum dimulai. Geografis itu merujuk pada wilayah Nusantara sedangkan masa yang di maksud mengacu pada abad ke -17, yakni sebelum jan Peterson Coen melemparkan jangkar di pantai sunda kelapa.    Pada abad ini akan dibahas tentang semangat pendisikan pada masa pra-kolonial dan sisa-sisanya pada masa sekarang. Masyarakat prakolonial memiliki model pemerinntahan

Mahzab Fenomenologi Max Weber

Fenomenologi       Fenomenologi adalah satu aliran filsafat modern yang sangat berpengaruh. Salah satu tokoh utamanya adalah Edmund Husserl (1859-1935) dari Jerman. Pada prinsipnya metode fenomenologi yang dibangun oleh Husserl ingin mencapai “hakikat segala sesuatu”. Maksudnya agar mencapai “pengertian yang sebenarnya” atau “hal yang sebenarnya” yang menerobos semua gejala yang tampak. Usaha untuk mencapai hakikat segala sesuatu adalah reduksi atau penyaringan. Husserl mengemukakan tiga macam reduksi berikut ini :    1. Reduksi fenomenologis, kita harus menyaring pengalaman-pengalaman kita, dengan maksud supaya mendapatkan fenomena dalam wujud yang semurni-murninya 2. Reduksi eidetis, penyaringan atau penetapan dalam tanda kurung segala hal yang bukan eidus atau inti sari atau hakekat gejala atau fenomena. Jadi hasil reduksi kedua ialah “penilikan hakikat”. Inilah pengertian yang sejati.    3. Reduksi transendental, yang harus ditempatkan diantara tanda kurung dahulu ialah eksiste

Perbedaan Filsafat Barat dan Timur

Perbedaan Antara Filsafat Barat dan Filsafat Timur  I. Filsafat Barat 1. Filsafat Barat adalah ilmu yang biasa dipelajari secara akademis di universitas-universitas di Eropa dan daerah-daerah jajahan mereka. 2. Filsafat berkembang dari tradisi falsafi orang Yunani kuno. 3. Tokoh utama filsafat Barat  antara lain Plato, Thomas Aquinas, RĂ©ne Descartes, Immanuel Kant, Georg Hegel, Arthur Schopenhauer, Karl Heinrich Marx, Friedrich Nietzsche, dan Jean-Paul Sartre. 4. Terdapat pembidangan dalam filsafat yang menyangkut tema tertentu. a. Ontologi membahas tentang masalah "keberadaan" (eksistensi) sesuatu yang dapat dilihat dan dibedakan secara empiris, misalnya tentang keberadaan alam semesta, makhluk hidup, atau tata surya. b. Epistemologi mengkaji tentang pengetahuan (episteme secara harafiah berarti “pengetahuan”). Epistemologi membahas berbagai hal tentang pengetahuan seperti batas, sumber, serta kebenaran suatu pengetahuan. Dari epistemologi inilah lahir berba